Home Berita Kapal Pesiar Inggris Diduga Rusak Terumbu Karang di TWP Gili Matra

Kapal Pesiar Inggris Diduga Rusak Terumbu Karang di TWP Gili Matra

690
0
SHARE

JMOL. Beredar kabar tentang kerusakan terumbu karang di Gili, Nusa Tenggara Barat. Penyebabnya adalah Michaela Rose (IMO 1002756), kapal pesiar berbendera Inggris, yang lego jangkarnya didiga merusak salah satu spot penyelaman terbaik di Indonesia tersebut.

Situs darilaut.id mengambil informasi dari akun Facebook Christoff_CCR menyebutkan jangkar kapal pesiar tersebut berada pada karang dengan panjang rantai lebih kurang 50 meter. Video kapal pesiar berdurasi 59 detik ini diunggah pada Sabtu (27/7). Hingga Minggu (28/7) pagi, video tersebut sudah dibagikan 280 kali, ditonton sebanyak 21462.

Kejadian ini menjadi pembicaraan di masyarakat selam. Menurut ketua Masyarakat Selam Indonesia (MASI), Ricky Soerapoetra, lokasi terumbu karang tersebut berada dalam area Taman Wisata Perairan Gili Matra, yang berstatus protected area.

“Seharusnya tidak boleh lego jangkar di situ”, kata Ricky.

Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra atau TWP Gili Indah terdiri dari Gili Meno, Gili Ayer, dan Gili Trawangan. Luasnya hampir 3000 Ha, terdiri dari 665 Ha daratan dan selebihnya berupa laut. Taman Wisata Perairan (TWP) berada dalam kewenangan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selengkapnya baca: Data TWP Gili Matra

Kabarnya, tim Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) sudah menuju lokasi kejadian, dan akan segera mengabarkan hasil investigasinya. [JB]