Home Berita Sail Moyo Tambora Diresmikan, Awal Kepulihan Pariwisata NTB

Sail Moyo Tambora Diresmikan, Awal Kepulihan Pariwisata NTB

183
0
SHARE

JMOL. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meresmikan Sail Moyo Tambora 2018 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (09/09).

Menurut Luhut yang mewakili Presiden RI Joko Widodo, Sail Moyo Tambora dapat menjadi penanda awal kebangkitan pariwisata NTB pasca gempa yang menerpa pulau Lombok secara beruntun dalam beberapa waktu terakhir. Sail Moyo diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat.

“Momentum Sail Moyo Tambora kali ini memiliki arti penting bagi kita semua, dan khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat,” ujar Menko Luhut.

Sail Moyo Tambora 2018 adalah Sail ke 10 dari rangkaian Sail Indonesia yang pertama kali digelar pada tahun 2009 di Bunaken-Menado. Pada awalnya, Sail di Indonesia bertujuan mempercepat pembangunan daerah-daerah tertinggal. Namun, sejak Sail Sabang 2017 lalu, penyelenggaraan sail lebih ditekankan pada promosi dan pengembangan pariwisata, terutama destinasi prioritas nasional.

Dua Ikon NTB

NTB memiliki kekayaan bahari yang melimpah dan sudah ditetapkan menjadi Destinasi Prioritas Nasional. Lombok yang merupakan pulau utama di NTB dikenal dunia sebagai Bali kedua.

Baca: Jawa, Bali dan Lombok Terpilih Menjadi Pulau Terbaik Di Dunia

Pulau Moyo tak kalah terkenal. Beberapa pesohor dunia seperti mendiang Lady Di dan Mick Jagger sudah pernah berlibur di pulau yang terletak di perairan Sumbawa ini. Kawasan Gunung Tambora juga sudah dikenal luas. Letusan Tambora pada tahun 1815 menjadi erupsi terdahsyat dalam sejarah ingatan manusia. Moyo dan Tambora adalah dua ikon promosi wisata lNTB.

Reputasi NTB sebagai tuan rumah perhelatan di tingkat nasional maupun Internasional tidak perlu diragukan lagi. Event terakhir adalah Multilateral Naval Exercise (MNEX) Komodo 2018 pada Mei 2018. MNEX Komodo 2018 diikuti oleh Angkatan Laut 35 Negara, melibatkan 55 Kapal Perang dan ± 5700 prajurit dari berbagai negara.

Bersamaan peresmian Sail Moyo Tambora 2018 ini, Menko Luhut juga melakukan beberapa kegiatan, yaitu penandatangan prasasti Jembatan Samota, Penetapan Taman Nasional Moyo Tambora, serta melepas Sailing Pass 500 perahu nelayan dari pantai goa menuju ujung Labuan Badas.

Selain Menko Luhut, hadir pula beberapa pejabat seperti Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi (TGB) dan beberapa pejabat lainnya. [AYU]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.