Home Berita Nor-Shipping 2019: Kapal Tanker GAGARIN PROSPECT Dinobatkan Sebagai “The Next Generation Ship” 

Nor-Shipping 2019: Kapal Tanker GAGARIN PROSPECT Dinobatkan Sebagai “The Next Generation Ship” 

768
0
SHARE

JMOL. Gagarin Prospect (IMO 9826720) kapal tanker Aframax pertama di dunia yang menggunakan LNG sebagai bahan bakarnya, dinobatkan sebagai pemenang “The Next Generation Ship Award”, dalam perhelatan Nor-Shipping 2019 yang digelar di Oslo, ibukota Norwegia, Senin malam (3/6/2019).

Kapal milik Sovcomflot (Rusia) ini mengalahkan beberapa kompetitor terdekatnya antara lain yaitu Yara Birkeland, dan AET & Teekay yang menawarkan konsep shuttle tanker yang inovatif.

Menariknya, keputusan juri memilih Gagarin Prospect sebagai pemenang bukan karena teknologinya, namun karena keberanian memulai proyek tersebut pada tujuh tahun silam. Saat dimana belum ada kejelasan tentang masa depan LNG sebagai bahan bakar kapal.

“The Next Generation Ship Award” adalah penghargaan inovasi desain dan teknologi perkapalan yang mengadopsi prinsip efisiensi energi. Penghargaan ini merupakan bagian dari event Nor-Shipping sejak tahun 2011. Terbuka untuk seluruh kapal yang dibangun sejak Nor-Shipping terakhir (tahun 2017), untuk kapal tua yang telah mengalami retrofit atau konversi, dan untuk kapal bangunan baru yang dijadwalkan selesai dan akan beroperasi dalam lima tahun ke depan.

Gagarin Prospect selesai dibangun oleh galangan kapal Hyundai Samho Heavy Industries, Korea Selatan, pada Juli 2018. Saat ini disewa oleh perusahaan minyak Shell selama sepuluh tahun. Gagarin Prospect adalah kapal pertama dari enam kapal serupa dari Green Funnel initiative, yang merupakan proyek kerjasama Sovcomflot – Shell. Misi Green Funnel initiative adalah memperkenalkan LNG sebagai bahan bakar utama untuk tanker ukuran besar, termasuk bagi kapal-kapal yang beroperasi secara tramper, yang tidak terikat rute tetap atau jadwal teratur.

Kapal tanker berbobot mati 113 ribu dwt dan panjang 250 neter ini memiliki lambung ice class 1A, sehingga mampu beroperasi di perairan ber-es seperti artik atau kutub utara. Dilengkapi ice radar, spotlight, dan peralatan lainnya sesuai ketentuan Polar Code.

Gagarin Prospect terpilih terutama karena kriteria “green” dan efisiensi energi. Mesin utama, mesin pembantu, dan boiler dipilih tipe dual fuel, dengan LNG menjadi bahan bakar utama. Dilengkapi dual fuel low preesure X-DF untuk meminimalkan emisi particulate matters, serta teknologi Selective Catalytic Reduction untuk menekan emisi NOx saat kapal beroperasi tidak menggunakan LNG.

Baca: LNG dan Fuel Cells, Energi Penggerak Kapal di Masa Depan?

Nor-Shipping 2019 adalah event pameran dan seminar bertema Ocean Solution, yang berlangsung 4 – 7 Juni di Oslo dan Lillestrøm, Norwegia. Tahun ini, diperkirakan ada 35.000 pengunjung dari lebih 75 negara, dan hampir 1.000 perusahaan peserta pameran, yang berpartisipasi pada Nor-Shipping 2019. [BAYU]