Home Berita KM Satya Kencana IX Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

KM Satya Kencana IX Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

182
0
SHARE

JMOL KM. Niki Sae dan kapal KM. Kumala yang membawa penumpang dan ABK kapal KM. Satya Kencana IX yang terbakar, telah tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalsel pada malam ini.

Menurut rilis resmi Kemenhub, Kapal KM. Niki Sae membawa 140 orang dan 1 orang penumpang dalam keadaan meninggal. Sedangkan KM. Kumala membawa penumpang dan ABK sebanyak 89 orang yang semuanya dalam keadaan selamat.

KM. Satya Kencana IX terbakar pada sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada hari ini (4/8) pukul 05.35 WITA. Seluruh penumpang dan ABK berhasil dievakuasi oleh kapal KM. Niki Sae dan KM Kumala, yang saat itu sedang dalam posisi terdekat.

Menurut data MarineTraffic.com, KM. Satya Kencana IX (IMO No. 880894) adalah jenis Vehicle Carrier, dengan panjang 128 meter dan bobot 4753 dwt.

Sementara dari Siaran Pers Kemenhub disebutkan bahwa kapal milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU) tersebut merupakan jenis Ro-Ro dengan bobot 11.657 GT. Saat kejadian, kapal yabg dinahkodai Sucipto Utomo tersebut mengangkut 198 orang penumpang dan 32 org ABK.

Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal. Dua kapal pemerintah, yakni KN. Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP. 363 milik KSOP Banjarmasin disiagakan di sekitar lokasi kejadian untuk penyisiran dan pengawasan. [AF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.