Home Artikel Sail Indonesia 2019: NIAS, Surga Wisata Bahari Barat Sumatera

Sail Indonesia 2019: NIAS, Surga Wisata Bahari Barat Sumatera

236
0
SHARE

JMOL. Nias (Sumatera Utara) sedang dipersiapkan menjadi tuan rumah Sail Indonesia tahun 2019. Sail Indonesia adalah ajang tahunan wisata bahari yang digelar sejak 2009 lalu. Daerah yang terakhir (September 2018) adalah Sail Moyo Tambora Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menyelenggarakan sebuah Diskusi FGD di Pendopo Bupati Nias Selatan, Senin (19/11) untuk membahas persiapan Kabupaten yang terletak di Samudera Hindia itu.

Sail Nias 2019 akan mendorong percepatan infrastruktur dasar penunjang sektor-sektor terkait, terutama sektor pariwisata. Kemenko Maritiim akan mengkoordinir kerja sama dan sinergitas lintas kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Saat ini, tidak ada masalah soal akses menuju Nias. Bahkan baru-baru ini (15/11) sudah dibuka Rute penerbangan langsung Jakarta-Nias PP sebanyak 3 kali dalam seminggu (Selasa, Kamis dan Sabtu).

Wisata Bahari Kaya Budaya

Kepulauan Nias terdiri atas 5 wilayah administrasi, yaitu Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Induk, Nias Utara, Nias Barat, dan Nias Selatan. Kelimanya memiliki potensi wisata yang sama baiknya, terutama pemandangan pantai dan bawah laut.

Kepulauan Hinako di Nias Barat adalah surganya wisata bahari. Dari surfing, snorkeling, menyelam, memancing, pantai, dan lain-lain. Di Nias Utara ada ‘pink beach’ Gawu Soyo yang tak kalah indah dengan pantai pink di pulau Komodo.

Nias Selatan memiliki event budaya yang unik seperti Ya’ahowu Nias Festival, yang akan menjadi daya tarik utama pada Sail Nias 2019 nanti. Ada lagi Nias Pro yang merupakan kejuaraan surfing dunia. Nias Pro 2018 digelar di pantai Sorake pada Agustus lalu. Kejuaraan yang dihadiri para surfer manca negara ini bertujuan memperkuat posisi Nias sebagai destinasi wisata surfing dan mempromosikan keindahan bahari kepulauan Nias.

Selain Nias, beberapa daerah di pantai barat Sumatera yang memilliki potensi kuat sebagai destinasi wisata surfing adalah Kepulauan Mentawai (Sumbar), dan Krui Pesisir Barat (Lampung). [JB]