Home Berita Kapal Kontainer Bertenaga Listrik Tanpa Awak Masuki Tahap Uji Model

Kapal Kontainer Bertenaga Listrik Tanpa Awak Masuki Tahap Uji Model

1263
1
SHARE

JMOL. Akhir September 2017 lalu, kolam uji indoor milik SINTEF Ocean di Trondheim Norwegia menjadi saksi uji model ‘Yara Birkeland’, sebuah kapal kontainer bertenaga listrik dan tanpa awak yang pertama di dunia.

Model kapal yang didemonstrasikan di Laboratorium Hidrodinamika tersebut memiliki panjang 6 meter dan berat 2.4 ton. Pada pengujian tersebut, juga pertama kalinya diperlihatkan desain kapal kontainer bertenaga listrik tanpa awak tersebut.

Sejak pertama kali diumumkan pada Mei 2017, proyek kapal kontainer elektrik tanpa awak ini mengundang banyak perhatian dari kalangan maritim dunia. Dua perusahaan Norwegia, Yara dan Kongsberg bekerjasama mewujudkan proyek yang disebut sebagai ‘Revolusi Maritim’. Yara adalah produsen pupuk, menggandeng Konsberg sebagai penyedia teknologi kendali remote dan autonomous.

Selain Yara dan Kongbergs, beberapa perusahaan Norwegia lain yang ikut terlibat. Marin Teknik dari aspek desain, SINTEF Ocean untuk konstruksi dan testing model kapal, serta DNV HAL untuk sertifikasi dan klasifikasi. Proyek ini juga mendapat dukungan dari Otoritas Maritim Norwegia untuk regulasi dan legalitas.

‘Yara Birkeland’ diambil dari nama pendiri Yara, Kristian Birkeland, yang juga dikenal sebagai ilmuwan dan inovator terkemuka Norwegia. Yara Birkeland akan menjadi kapal kontainer pertama di dunia yang menggunakan elektrik sebagai penggerak utamanya. Sekaligus kapal otonom (tanpa awak) pertama di dunia.

Nantinya, pengoperasian kapal ini akan menggantikan 40.000 perjalanan truk pengangkut pupuk dari pabrik milik Yara di Porsgrunn ke pelabuhan di Brevik dan Larvik. Artinya, Yara Birkeland berkontribusi pada pengurangan emisi NOx dan CO2, serta peningkatan keselamatan lalu lintas darat.

Setelah laik laut, tahun pertama Yara Birkeland akan dioperasikan sebagai kapal berawak. Tahun berikutnya akan beroperasi secara remote tanpa awak on board. Jika lancar, pada tahun ke tiga Yara Birkeland akan beroperasi fully autonomous. [AF]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.