Home Artikel China Menyusul Jepang Sebagai Importir Gas Alam Terbesar Dunia

China Menyusul Jepang Sebagai Importir Gas Alam Terbesar Dunia

308
0
SHARE

JMOL. RRC mulai menyalip posisi Jepang sebagai importir gas alam terbesar di dunia. Otoritas Bea Cukai China melaporkan bahwa China mengimpor 34,9 juta ton gas alam selama lima bulan pertama tahun 2018 ini. Sementara Kementerian Keuangan Jepang menyebutkan bahwa negaranya mengimpor 34,5 juta ton dalam kurun waktu yang sama.

Pencapaian di atas termasuk istimewa karena China baru mengimpor gas alam sejak 15 tahun yang lalu. Sementara impor perdana gas alam oleh Jepang pada tahun 1977 dari Indonesia. Terminal gas alam cair pertama di China dibuka pada tahun 2004, dan pipa impor pertamanya beroperasi pada tahun 2009.

Baca: LNG Aquarius, Kapal Angkut Ekspor Perdana LNG Indonesia

Peningkatan konsumsi gas alam China tidak lepas dari tekad Presiden Xi Jinping yang ingin mengurangi secara drastis tingkat pencemaran akibat pemakaian batubara dan solar. Di kota-kota bagian utara, Pemerintah China berhasil mendesak jutaan rumah dan pabrik untuk mengganti bahan bakar boiler, dari batubara ke gas alam.

Seorang analis di JPMorgan Chase & Co. mengatakan bahwa pertumbuhan produksi domestik yang tinggi akan mengukuhkan China sebagai importir LNG terbesar dunia pada tahun 2021. [AS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.