Home Berita Wabah Virus Corona, Arus Kapal di Wuhan Port Terhambat

Wabah Virus Corona, Arus Kapal di Wuhan Port Terhambat

1052
0
SHARE

JMOL. Sejak Kamis kemarin (23/1), pemerintah China menghentikan semua transportasi kereta dan penerbangan dari/ke kota Wuhan, termasuk kota Huanggang dan Ezhou yang berdekatan. Ini merupakan upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona telah menewaskan sedikitnya 40 orang dan menginfeksi lebih dari 1300 orang (WHO’s situation report 25 Januari 2020). Wuhan yang terletak di propinsi Hubei adalah kota tempat asal virus yang diberi kode 2019-nCoV.

Wuhan adalah kota industri dengan populasi sekitar 11 juta orang. Terletak di pertemuan sungai Yangtze dan sungai Hanjian menjadikan Wuhan Port sebagai pelabuhan yang penting di China bagian tengah. Setiap tahunnya, Wuhan Port menangani lebih 1,5 juta TEUs kontainer, ribuan ton batubara, baja, minyak mentah, dan kargo pupuk. Pelabuhan ini juga menangani puluhan ribu penumpang dan wisatawan.

Walau belum ada perintah resmi melarang pergerakan kapal dari/menuju Wuhan port, namun The Wall Street Journal menyebutkan ada  belasan kapal tertahan di sungai Yangtze. Mengutip Tradewinds, jumlah kedatangan kapal di pelabuhan sungai itu menurun sejak dua hari yang lalu. Lalu lintas tongkang di sungai Yangtze melambat.

Semua karena otoritas pelabuhan dan pihak kapal menerapkan prosedur tambahan saat sandar dan bongkar muat. Kontainer disempot cairan tertentu sebelum dimuat ke kapal. Terhadap kapal yang akan bersandar, seluruh awaknya diminta tetap berada di atas kapal dan menjalankan langkah-langkah untuk menghindari tertular virus Corona. Petugas bea cukai diwajibkan mengenakan pelindung sebelum naik dan memeriksa kapal.

Pada kondisi yang sangat buruk, pelabuhan bisa ditutup. Kapal dialihkan ke pelabuhan lain yang terdekat. Kargo menumpuk dan perdagangan mandek. Banyak pihak yang merugi. Semoga situasi ini tidak berlarut-larut apalagi menjadi semakin buruk. [JB]