Home Berita UNCTAD Rilis Data Biaya Transportasi Perdagangan Global

UNCTAD Rilis Data Biaya Transportasi Perdagangan Global

467
1
SHARE

JMOL. Untuk mendukung penyusunan kebijakan dan riset berbasis bukti (evidence-based) di sektor transportasi, United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan Bank Dunia mengembangkan fitur kumpulan data (data set) Biaya Transportasi Global untuk Perdagangan Internasional.

Global Transport Costs dataset for International Trade dapat diakses melalui link ini

Data set UNCTAD ini mencakup data perdagangan dan biaya transportasi dari 105 negara pengimpor dan (lebih dari) 200 negara pengekspor, berdasarkan moda transportasinya. Sebagian data merupakan angka yang dilaporkan, dan sebagian lagi adalah hasil estimasi dari permodelan yang dikembangkan UNCTAD.

Data tiap negara dapat dilihat di sini

Khusus untuk tahun 2016, sudah tersedia peta interaktif yang menampilkan biaya transportasi (termasuk asuransi) dari masing-masing komoditas (Sistem Harmonisasi hingga enam digit) yang diperdagangkan antar dua negara. Melalui fitur ini (sementara fokus pada moda laut), kita dapat melihat visualisasi biaya transportasi berdasarkan jenis moda, jarak, skala ekonomi, dan faktor lainnya. Tim UNCTAD mengatakan akan menyediakan fitur peta interaktif untuk tahun-tahun berikutnya. [AS]