Home Artikel Covid-19. Terminal Penumpang Diusulkan menjadi Fasilitas Karantina Sementara

Covid-19. Terminal Penumpang Diusulkan menjadi Fasilitas Karantina Sementara

776
1
SHARE

JMOL. Kasus penolakan penumpang KM Lambelu baru-baru ini menjadi indikasi bahwa penanganan covid19 pada angkutan laut penumpang perlu dikelola secara terpadu, sehingga tidak menimbulkan ketegangan sosial, ekonomi, dan tetap menjamin keselamatan masyarakat.

Potensi penyebaran covid19 melalui penumpang laut memang menjadi momok bagi banyak daerah. Untuk di Indonesia, potensi penyebaran virus Corona dapat terjadi melalui berbagai tipe kapal (penumpang, Ferry Ro-Ro hingga kapal kargo).

Respon daerah bervariasi mulai dari menerima, membatasi hingga melarang kedatangan orang lewat angkutan laut (lihat gambar).

Pola Penanganan Empiris kapal Penumpang (Saut Gurning, 2020)

Menurut Dr. Saut Gurning, Dosen Sistem Perkapalan ITS, Di masa pandemi virus Corona angkutan laut penumpang idealnya dilarang beroperasi. Namun, hal itu diakuinya tidak mudah. Berbagai faktor yang memaksa (sosial, ekonomi, dan legal) telah mendorong operasi pelayaran penumpang tetap eksis walau terbatas.

“Misalnya untuk jenis kapal Roro yang mengangkut orang dan barang, tidak mudah melarangnya karena terkait kelancaran arus barang”, kata Saut.

Mau tak mau, penanganan atas kondisi khusus ini perlu dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jalan tengahnya, Saut mengusulkan pemanfaatan terminal penumpang menjadi lokasi isolasi/karantina penumpang laut. Baik yang akan berangkat atau yang turun dari kapal.

Terminal penumpang di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia dapat dipersiapkan sebagai fasilitas karantina penumpang. Kemudian menyiapkan berbagai bahan, alat, SDM, dan fasilitas penting untuk proses pencegahan, adaptasi (penanganan) hingga pemulihan berbagai potensi penyebaran virus Corona sesuai himbauan IMO, WHO, dan UNCTAD. Berbagai praktek yang baik secara empiris di China, Korsel dan Jepang dapat juga diterapkan di sini. [AF]

1 COMMENT

Comments are closed.