Home Artikel Tema Maritim Dunia Tahun 2021: “Seafarers: at the Core of Shippingʹs future”

Tema Maritim Dunia Tahun 2021: “Seafarers: at the Core of Shippingʹs future”

396
0
SHARE

JMOL. Organisasi Maritim Dunia (IMO) telah menetapkan “Seafarers: at the core of shippingʹs future” sebagai tema Maritim Dunia (World Maritime) tahun 2021 mendatang. Tema tersebut dipilih untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran para pelaut dalam perdagangan dunia.

Pelaut: inti masa depan pelayaran” memperkuat slogan “Pelaut adalah pekerja kunci” yang menjadi tema “Day of the Seafarer” yang ke-10 di tahun 2020 ini.

“Komunitas internasional telah melihat bagaimana sektor pelayaran dan para pelaut telah mengambil peran sentral dalam mendistribusikan barang-barang penting, termasuk barang medis dan makanan, dan pada akhirnya berkontribusi dalam upaya mengatasi pandemi COVID-19. Hal yang tidak dapat terjadi tanpa profesionalisme dan dedikasi para pelaut dunia, ” kata Lim kitack, Sekjen IMO.

Pandemi COVID-19 telah memberi bukti bahwa ada kebutuhan yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya terhadap peran para pelaut. Hingga saat ini saja, ada ratusan ribu pelaut yang masih bekerja dengan masa kontrak yang terus diperpanjang. Mereka sudah berbulan-bulan berada di atas kapal, dan belum bertemu dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

IMO berharap, tema sentral terhadap pelaut ini juga dapat mendorong stakeholder maritim dunia untuk mengembangkan topik-topik yang relevan dengan peran pelaut dalam keselamatan, keamanan, perlindungan lingkungan dan kesejahteraan pelaut; dan digitalisasi serta otomatisasi di industri pelayaran. [AF]