Home Berita Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Lost Contact. Operasi SAR Laut dan Udara dimulai...

Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Lost Contact. Operasi SAR Laut dan Udara dimulai Minggu Pagi (10/1/2021)

178
1
SHARE

JMOL. Tim SAR Gabungan Pesawat Sriwijaya Air SJY182 sudah terbentuk. Para personil sudah berdatangan ke Posko Tim SAR Gabungan Pesawat Sriwijaya Air SJY182 yang terletak di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Capt. Prihartanta, Kepala Bidang KBPP (Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli) KSU Tanjung Priok, unsur Tim SAR Gabungan terdiri atas Basarnas, Polair, Pangkalan PLP Tanjung Priok, dan KSU (Kantor Syahbandar Utama) Tanjung Priok. KN P-356 milik KSU Tanjung Priok kini sudah dikerahkan di dermaga Posko. Sementara KSOP Kepulauan Seribu akan mengerahkan dua kapal patroli, yaitu KN P-355 dan KN P-045. Besok pagi Tim SAR Gabungan ini akan bergerak ke lokasi pencarian.

Selain itu, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Hubla-Kemenhub juga mengerahkan lima kapal patroli dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Priok, yaitu KN. Trisula P-111, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205.

Menurut Direktur KPLP, Capt Ahmad, KN Trisula P-111 saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, dan dilaporkan sudah menemukan benda-benda yang diduga milik Sriwijaya Air.

Baca: SAR Lion Air JT 610. KRI Rigel 933 dan Teknologi Pencarian di Dasar Laut

SAR Udara

Selain melalui laut, operasi SAR udara juga dilakukan. Unsur SAR TNI AU dibawah koordinasi BNPP/Basarnas akan memulai pencarian di lokasi diduga SJ182 lost contact. Giat SAR udara akan dimulai besok (10/1/2021) pukul 06.00 WIB dari Lanud Halim PK di bawah koordinasi Asops KASAU, Marsda TNI Henri Alfiandi.

Perairan Pulau Laki

Juru Bicara Kementerian Perhubungan RI Adita mengonfirmasi bahwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021). Menurut Adita, hilang kontak terjadi pada pukul 14. 47 WIB di posisi 11 mil laut sebelah utara Bandara Soekarto-Hatta (CGK).

Mengutip BeritaJakarta.id, jajaran terkait dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu sudah bergerak ke lokasi diduga tempat jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang hilang kontak. Lokasi pencarian berada di perairan Pulau Laki, yang berada di antara Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Tidung.

Sudah ada temuan diduga serpihan pesawat berupa kabel dan baju-baju. Namun, belum bisa dipastikan apakah itu serpihan pesawat dan baju milik korban atau bukan. [AF]