Home Event Sidang Majelis IMO ke-32, RI Kembali Calonkan Diri Masuk Anggota Dewan IMO

Sidang Majelis IMO ke-32, RI Kembali Calonkan Diri Masuk Anggota Dewan IMO

356
1
SHARE

JMOL. Sidang Majelis International Maritime Organization (IMO) ke-32 berlangsung hingga 15 Desember 2021 setelah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal IMO, Mr. Kitack Lim secara virtual pada Senin (6/12). 

Simak pidato lengkap sekjen IMO di sini.

Majelis IMO adalah lembaga tertinggi IMO yang terdiri dari seluruh anggota IMO berjumlah 175 negara (Bostwana baru bergabung di bulan Oktober 2021) dan 3 associate members. Majelis IMO bersidang setiap dua tahun sekali.

Sidang Majelis hari pertama sudah membahas beberapa agenda antara lain Item 1 (Adopsi Agenda), Item 3 (Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Sidang Majelis) dan Item 6 (Pembentukan Komite Kredensial dan Pembentukan Komite lainnya jika diperlukan). Sudah terpilih Presiden Sidang Majelis yaitu Ambassador Antonio of Philippine, Wakil Presiden 1 High Commissioner Linda Scott of Namibia dan Wakil Presiden 2 Ambassador Rafaela Trombetta of Italy.

Selengkapnya agenda sidang Majelis IMO ke 32 dapat dilihat di sini

Dewan IMO

Salah satu agenda penting dalam Sidang Majelis adalah pemilihan anggota Dewan IMO, dimana Indonesia kembali mencalonkan diri sebagai anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2022 – 2023. Pemilihan akan dilaksanakan pada Jumat 10 Desember 2021.

Agenda penting lain adalah Amandemen Konvensi Internasional IMO atau Konstitusional IMO tentang reformasi Dewan IMO. Amandemen ini untuk mengakomodir bertambahnya jumlah anggota Dewan IMO dari 40 negara anggota menjadi 52 negara anggota, dengan rincian kategori A dan B masing-masing 12 negara anggota, dan untuk kategori C berjumlah 28 negara anggota, serta memperpanjang masa tugas anggota Dewan IMO menjadi 4 tahun. [AS]