Home Berita RI Ajukan Perluasan Landas Kontinen di Barat Daya Pulau Sumatera. Luasnya 1,6x...

RI Ajukan Perluasan Landas Kontinen di Barat Daya Pulau Sumatera. Luasnya 1,6x Pulau Jawa

933
2
SHARE

JMOL. Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Dubes Dian Triansyah Djani secara resmi menyerahkan dokumen perluasan Zona Landas Kontinen (ZLK) di kawasan sebelah Barat Daya Pulau Sumatera kepada PBB (28/12/2020). Dokumen tersebut diterima oleh acting Director Divisi Urusan Kelautan dan Hukum laut PBB, Mr. Vladimir Jares.

“Ini merupakan langkah nyata diplomasi maritim Indonesia di tingkat multilateral untuk mempertahankan dan memperjuangkan penambahan wilayah dasar laut Indonesia”, kata Dubes Djani.

Dokumen tersebut meliputi aspek geografis, uji geologi, data, dan metode serta hasil survey di wilayah seluas 211.397,7 kilometer persegi di barat daya Pulau Sumatera pada Investigator Fracture Zone dan Wharton Fossil Region.

Selanjutnya, badan PBB untuk Batas Landas Kontinen (Commission on the Limits of Continental Shelf/CLCS) akan mempelajari dokumen tersebut dan mengambil keputusan berdasarkan data dan argumen yang disampaikan Pemerintah Indonesia. Jika disetujui, ZLK Indonesia akan bertambah seluas lebih dari 1.5 kali Pulau Jawa.

“Indonesia juga akan memperoleh keuntungan yang signifikan di bidang ekonomi, penelitian, perhubungan, dan bidang-bidang terkait lainnya.” tambah Dubes.

Pengajuan perluasan ZLK ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan oleh Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2008, Indonesia mengajukan perluasan ZLK di wilayah sebelah barat Pulau Sumatera, dan tahun 2019 untuk wilayah sebelah utara Papua. CLCS telah menyetujui pengajuan di sebelah barat Pulau Sumatera pada tahun 2011, sehingga landas kontinen Indonesia bertambah seluas kurang lebih 4,209 km2. Pengajuan perluasan Landas Kontinen di utara Papua masih dibahas dan belum mendapatkan keputusan dari CLCS.

Baca: RI Ajukan Klaim Landas Kontinen Ekstensi Seluas Negara Inggris di Utara Papua

Sesuai UNCLOS 1982, negara pihak konvensi dapat mengajukan klaim perluasan landas kontinen di luar 200 mil laut, hingga sejauh-jauhnya 350 mil laut, dari garis pangkal jika diyakini dan dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa area yang diklaim merupakan kepanjangan alamiah dari daratan negara tersebut. [AS]

2 COMMENTS

Comments are closed.