Home Berita Pulangkan ABK Pekerja Migran Indonesia, Tiga Kapal Pesiar Mewah Sandar Minggu ini

Pulangkan ABK Pekerja Migran Indonesia, Tiga Kapal Pesiar Mewah Sandar Minggu ini

1325
0
SHARE

JMOL. Sebanyak 17 kapal pesiar akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta) dan Benoa (Bali) secara bergelombang dalam beberapa pekan mendatang. Dalam minggu ini, tiga kapal tiba di Tanjung Priok. Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam keterangan persnya di Jakarta, (4/5).

Adapun menurut data Ditjen Hubla, secara keseluruhan terdapat lebih dari 20.000 orang ABK Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di 154 (seratus lima puluh empat) kapal pesiar asing yang beroperasi di seluruh dunia. 20 kapal sudah berencana akan bersandar. Minggu lalu ada 3 kapal yang sudah bersandar. Minggu ini akan tiba 3 kapal lagi.

Baca: Lagi, 375 WNI ABK Kapal Pesiar Asing Tiba di Tanah Air

Pihak Pelindo II Cabang Tanjung Priok menyebutkan ada 3 kapal pesiar yang sudah memberitahukan kedatangan secara tertulis, yaitu “Wind Spirit”, “Quantum Of The Seas”, dan “Amsterdam”. Pantauan Redaksi melalui aplikasi MarineTraffic, ketiga kapal pesiar yang mengangkut ABK PMI tersebut akan tiba dalam minggu ini.

Kapal pesiar Amsterdam (GT 62735 LOA 237 meter) saat ini sudah berada di perairan Tanjung Priok dengan status at Anchor. Kapal berbendera Belanda ini berlayar dari Port Klang Malaysia sejak 25 April 2020.

MSY Wind Spirit (GT 5736) yang berbendera Bahamas terpantau tengah berlayar di perairan Singapura pada 2 Mei 2020, setelah sehari sebelumnya bertolak dari Port Klang, Malaysia. Wind Spirit irencanakan tiba di Jakarta pada 6 Mei 2020.

Quantum Of The Seas (flag Bahamas) merupakan kapal pesiar terbesar yang akan tiba minggu ini. Kapal GT 168666 dengan panjang 347 meter tersebut berlayar dari Shanghai, China sejak 23 April 2020. Saat ini tengah berlayar melintasi Laut Jawa dan diperkirakan tiba di Jakarta pada 7 Mei 2020.

Satgas Bersama Repatriasi ABK PMI

Fasilitasi kepulangan ABK/PMI yang bekerja di kapal pesiar asing, dilakukan oleh Satgas Bersama Repatriasi ABK PMI sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Satgas tersebut terdiri dari beberapa instansi, antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kantor Imigrasi Kemenkumham, Mabes TNI, POLRI, BNPB, BP2MI, BPBD, dan pihak prinsipal kapal pesiar.

Selama masa pandemi Covid 19 ini, Satgas Bersama terhitung telah memfasilitasi repratiasi ABK PMI dari 9 kapal pesiar asing,  yaitu MV. World Dream, MV. Voyager of The Sea, MV. Azamara Journey, MV. Spectrum of the Sea, MV. Ovation of the Sea, MV. Artania, MV. Dream Explorer,  dan MV. Carnival Splendor. [AF]