Home Berita Diresmikan Presiden Joko Widodo, Pelabuhan Patimban Beroperasi Mulai Hari ini

Diresmikan Presiden Joko Widodo, Pelabuhan Patimban Beroperasi Mulai Hari ini

272
0
SHARE

JMOL. Mulai hari ini Minggu 20 Desember 2020, Pelabuhan Patimban resmi dioperasikan secara terbatas. Peresmian Pelabuhan yang terletak di Kabupaten Subang Jawa Barat ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor pukul 13.30 WIB dan disiarkan secara virtual.

Presiden mengatakan bahwa Pelabuhan Patimban berfungsi memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok, yang sekarang semakin padat dan membuat kemacetan semakin tinggi. Untuk saat ini, Patimban melayani muatan kendaraan, dan akan terus dikembangkan kapasitas layanan. Presiden juga minta pelabuhan baru itu nantinya melayani jenis muatan lainnya.

“Nantinya akan menjadi pelabuhan yang meningkatkan ekspor otomotif. Pelabuhan ini harus terkonsolidasi dengan pembangunan lainnya, termasuk sentra-sentra industri sehingga kegiatan distribusi bisa lebih efisien,” kata Presiden.

Soft launching dan pengoperasian perdana kali ini ditandai dengan aktivitas ekspor perdana melalui Car Terminal. Sebanyak 140 unit kendaraan CBU dinaikkan ke atas Kapal MV. Suzuka Express milik Toyofuji Shipping dengan tujuan Brunei Darussalam.

Turut hadir dalam peresmian ini Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Agus H. Purnomo, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan stakeholder terkait lainnya

Baca: Meneropong Prospek Pelabuhan Patimban

Proyek Strategis Nasional

Pelabuhan Patimban termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan luas area 369 Ha dan backup area mencapai 356 Ha. Biaya pembangunan Patimban tahap 1 sebesar Rp 14 triliun, berasal dari APBN dan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Tahap lanjutan pengembangan pelabuhan ini direncanakan pada tahun 2023 dengan nilai investasi Rp 9,5 triliun.

Secara keseluruhan, Pembangunan Pelabuhan Patimban dilakukan dalam tiga tahap. Yang diresmikan hari ini adalah Pelabuhan Patimban Tahap 1 fase 1, dengan hanya Terminal Kendaraan yang beroperasi.

Pembangunan tahap 1 fase 1 sudah diselesaikan dan diresmikan hari ini meliputi area terminal, Breakwater, Seawall, Revetment, pembangunan Back Up Area, jalan akses, dan jembatan penghubung. Kemudian, Terminal Kendaraan seluas 25 Ha dengan kapasitas kumulatif sebesar 218.000 CBU per tahun, Terminal Peti Kemas seluas 35 Ha dengan kapasitas kumulatif sebesar 250.000 TEUs.

Tahap 1 fase 2 akan dikerjakan pada tahun 2021-2024, meliputi Terminal Peti Kemas seluas 66 Ha dengan kapasitas kumulatif sebesar 3,75jt TEUs, Terminal Kendaraan dengan kapasitas kumulatif sebesar 600.000 CBU, dan Roro Terminal seluas 200 m2.

Pengembangan Patimban tahap 2 akan dilaksanakan pada tahun 2024-2025, meliputi pengembangan Terminal Peti Kemas dengan kapasitas kumulatif sebesar 5,5jt TEUs. Sedangkan tahap 3 pada tahun 2026-2027 meliputi Terminal Peti Kemas dengan kapasitas kumulatif sebesar 7,5jt TEUs. [AF]