Home Berita “Port Security Dekstop Exercise 2020”, Menguji Kesiagaan Keamanan Pelabuhan

“Port Security Dekstop Exercise 2020”, Menguji Kesiagaan Keamanan Pelabuhan

124
0
SHARE

JMOL. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Australia menggelar “Port Security Dekstop Exercise 2020” selama dua hari, 13 – 14 Januari 2020, di Surabaya.

Pelatihan ini menjadi bukti komitmen kedua negara untuk bersama-sama meningkatkan keamanan maritim, khususnya di kawasan regional, mengingat Indonesia dan Australia bertetangga, serta banyak warga negara Australia yang mengunjungi daerah-daerah di Indonesia untuk berwisata.

Ancaman keamanan terhadap kapal penumpang/pesiar dan fasilitas pelabuhan yang melayaninya mempunyai dampak resiko yang sangat besar sehingga perlu upaya secara terus-menerus untuk nemastikan kesiapan fasilitas pelabuhan dalam menghadapi kemungkinan ancaman keamanan. Fasilitas pelabuhan dituntut agar selalu siap siaga dalam mengantisipasi dan merespon ancaman keamanan yang mungkin terjadi.

Pada pre exercise meeting yang digelar di kantor Pelindo III Surabaya, Senin kemarin (13/1), Capt. Ramadhan Hasri Harahap dari KPLP mengatakan, Port Security Dekstop Exercise bertujuan menguji penerapan prosedur dalam Port Facility Security Plan (PFSP) masing-masing pelabuhan, terutama yang terkait dengan jaring koordinasi, komando dan komunikasi antar unsur internal fasilitas pelabuhan, dengan instansi terkait lainnya yang tergabung dalam Port Security Committee l (PSC), dengan pihak kapal dan perusahaan pelayaran saat terjadi ancaman di fasilitas pelabuhan, perubahan tingkat keamanan (security level) dan pelaksanaan Declaration of Security (DoS).

Pelatihan semacam ini penting untuk meningkatkan kepercayaan pihak industri maritim terhadap keamanan fasilitas pelabuhan di Indonesia, dan diharapkan akan meningkatkan kunjungan kapal pesiar ke Indonesia.

“Selain itu, pelatihan ini wajib bagi fasilitas pelabuhan yang sudah menerapkan ISPS Code dan memperoleh Statement of Compliance of a Port Facility (SoCPF)”, jelas Capt. Ramadhan.

Sejumlah peserta pelatihan ini antara lain yaitu: Port Security Committee (PSC) dari Dermaga Samudera, Terminal Penumpang Internasional Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Gapura Nusantara/Surya, Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak, PSC Terminal Penumpang dan Dermaga Timur Pelabuhan Benoa. [IA]