Home Berita Pesanan Kapal Baru Meningkat Tajam Tahun ini, Boxship Terbanyak

Pesanan Kapal Baru Meningkat Tajam Tahun ini, Boxship Terbanyak

690
1
SHARE

JMOL. Saat bisnis kapal cruise/kapal penumpang dikabarkan mengalami kerugian dan banyak dibesituakan akibat Pandemi COVID-19, shipbuilding market untuk kapal non-cruise justru bergairah.

Hingga bulan Mei 2021, menurut data dari Clarkson Research Services, tercatat sebanyak 526 order kapal baru dengan total tonase 46,4 juta dwt dan 34,6 juta gt. Angka ini merupakan tertinggi sejak 2014.

Order terbesar dari jenis boxship/containership, sebanyak 218 kapal dengan total tonase 22,9 gt (kapasitas 2,2 juta TEU). Untuk diketahui, saat ini ada 6217 kapal peti kemas yang beroperasi di seluruh dunia, dengan total kapasitas angkut mencapai 24,6 juta TEU (Alphaliner TOP 100). Pesanan kapal baru jenis lainnya adalah LPG carrier dengan 57 order, Tanker (88), dan Bulk Carrier (81).

Masih menurut Clarkson yang dikutip splash.com, galangan kapal (yard) di China dan Korea Selatan masing-masing menerima 46 persen (berdasarkan tonase) dari order. Jadi, 92 persen dari total order kapal baru dibangun oleh galangan kapal di kedua negara tersebut.

Meningkatnya order kapal baru juga diikuti dengan meningkatnya harga pembangunan kapal. Grafik dari Clarkson di atas memperlihatkan peningkatan harga yang tajam sejak tahun 2014. [AF]