Home Berita Penglima TNI: Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Gugur

Penglima TNI: Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Gugur

328
0
SHARE

JMOL. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada konferensi pers di Bali, Minggu (25/4) melaporkan hasil pencarian KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Panglima TNI menyatakan bahwa seluruh awak KRI Nanggala 402 dinyatakan telah gugur.

Panglima TNI menyampaikan bahwa satgas SAR telah mengerahkan semua kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI-Nanggala. KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multi-beam sonar dan Magnetometer, dan telah memperoleh citra bawah air yang lebih detil. MV Swift Rescue juga sudah menurunkan ROV untuk melakukan identifikasi secara visual menggunakan kamera.

Telah diperoleh citra yang dikonfirmasi beberapa barang-barang yang diyakini dari KRI-Nanggala 402, antara lain kemudi vertikal belakang, jangkar, Bagian luar badan tekan, Kemudi selam timbul, baju keselamatan awak kapal MK11.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik yang baru ditemukan dalam operasi SAR, dapat dinyatakan bahwa KRI-Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur”, ujar Panglima.

Baca: Ditemukan Barang dan Serpihan, TNI Tetapkan KRI NANGGALA 402 berstatus “SUBSUNK”

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa badan Nanggala 402 terbelah menjadi 3 bagian dan berada di kedalaman 838 meter. Menurut Kasal, penyebab tenggelamnya Nanggala 402 bukan karena Human Error, namun lebih mungkin karena faktor alam.

Keseluruhan awak KRI Nanggala 402 yang gugur akan diberikan penghargaan berupa kenaikkan pangkat. [AF]