Home Berita Pelayaran Perdana Patimban – Belawan, Vehicles Carrier KM Serasi V Angkut 700...

Pelayaran Perdana Patimban – Belawan, Vehicles Carrier KM Serasi V Angkut 700 Mobil

423
1
SHARE

JMOL. KM Serasi V (IMO 9039573), kapal angkut kendaraan (vehicles Carrier) milik Toyofuji Serasi Indonsia mengangkut sebanyak 700 unit mobil CBU Pelabuhan Patimban menuju Pelabuhan Belawan (Medan). Pengiriman ini merupakan pelayaran perdana trayek Patimban – Belawan dan Batam.

Sebelumnya, uji coba pengiriman kendaraan dari Pelabuhan Patimban telah dilakukan pada Desember 2020. Setelah itu, beberapa terjadi pengiriman kendaraan dari Patimban ke Pelabuhan Panjang, Pontianak, dan Banjarmasin.

“Kapal berangkat nanti malam pukul 24.00 WIB,” kata Capt Mugen Sartoto, Dirlala Ditjen Hubla, Kemenhub, yang ikut hadir dalam pelayaran perdana ini.

Menurut Capt Mugen, Patimban memang dikembangkan untuk mendukung industri, terutama sektor otomotif. Lokasinya dekat dengan Bekasi, Karawang, dan Subang yang merupakan pusat industri otomotif.

Dengan kapasitas terminal (Fase 1-1) mencapai 218.00 CBU/tahun dan 250.00 TEUs per tahun, selain pengiriman domestik, Patimban mampu mendukung ekspor kendaraan ke Amerika Latin, Amerika Utara, sampai Afrika. [AS]