Home Berita Pelabuhan Patimban Tahap I Beroperasi November 2020

Pelabuhan Patimban Tahap I Beroperasi November 2020

466
2
SHARE

JMOL. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimis proyek Pelabuhan Patimban di tahap pertama dapat selesai pada bulan Oktober 2020, sehingga soft launching pelabuhan pengganti Cilamaya dapat dilaksanakan pada November 2020.

“Kami berharap semua pihak kerja keras agar Pelabuhan Patimban ini mulai dapat beroperasi pada November 2020,” kata Menhub Budi usai meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Minggu (9/8) bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Beberapa pekerjaan saat ini masih dalam proses yang harus segera difinalisasi seperti ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya. Diharapkan semuanya dapat selesai tepat waktu,” ungkap Menhub.

Untuk diketahui, pembangunan Patimban dilaksanakan dalam 3 (tiga) Tahap. Tahap pertama, Pelabuhan Patimban dirancang mampu melayani 3.75 juta peti kemas (TEUS). Tahap kedua, kapasitas akan ditingkatkan menjadi 5.5 Juta TEUS, dan tahap ketiga akan menjadi 7 juta TEUS. Pelabuhan ini juga akan dilengkapi akses jalan tol dan jalur kereta api.

Baca: Meneropong Prospek Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban melayani jenis muatan Peti Kemas dan Kendaraan Bermotor (Car Terminal) yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar. Car Terminal nantinya memiliki kapasitas tampung hingga 600 ribu kendaraan per tahun pada kondisi maksimal. Car Terminal di Patimban akan mengurangi beban Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca: Pelabuhan Patimban Penting bagi KSN Bekasi – Karawang – Purwakarta

Pelabuhan Patimban, bersama  Bandara Kertajati, berada di pusat kawasan Segitiga Emas Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana) yang diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) terbesar di Indonesia. [AF]

2 COMMENTS

Comments are closed.