Home Berita Pelabuhan Patimban Kini Masuk Rute Kunjungan KM Gunung Dempo – PELNI

Pelabuhan Patimban Kini Masuk Rute Kunjungan KM Gunung Dempo – PELNI

616
0
SHARE

JMOL. KM Gunung Dempo milik PT PELNI sukses bersandar di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Kamis (24/6). Sandar perdana ini dihadiri oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI O.M Sodikin, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, bersama sejumlah pemangku kepentingan kepelabuhanan lainnya.

KM Gunung Dempo dipilih untuk masuk ke Patimban karena kapal tipe passenger container ini mengangkut muatan kontainer paling banyak diantara kapal PELNI lainnya. Kapal ini dapat memuat 98 kontainer, terdiri atas 58 dry container dan 40 reefer container. Hingga Mei 2021, total muatan barang yang diangkut oleh passenger container PELNI sebesar 4.506 TEUs. KM Gunung Dempo menyumbang sebesar 766 TEUs.

“Kapasitas KM Gunung Dempo lebih besar dibanding lainnya yang berkisar 22 hingga 67 TEUs,” kata Opik.

Selanjutnya, KM Gunung Dempo akan melayari rute Tg Priok – Patimban – Surabaya – Makassar – Sorong – Manokwari – Wasior – Nabire – Jayapura (PP). Kapal ini dijadwalkan akan kembali sandar di Patimban pada 8 Juli 2021 mendatang.

Saat ini PELNI mengoperasikan 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas rute. BUMN Pelayaran ini juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menyinggahi 285 pelabuhan dan 3.811 ruas rute, termasuk mengoperasikan 20 kapal Rede. Sedangkan pada program Tol Laut, PELNI mengoperasikan 9 trayek serta 1 kapal khusus ternak. [AS]