Home Berita Pelabuhan Kilang LNG Masela di Pulau Nustual

Pelabuhan Kilang LNG Masela di Pulau Nustual

602
0
SHARE

JMOL. Gubernur Maluku menyetujui lokasi pelabuhan kilang gas alam cair (LNG) dari Lapangan Abadi di Pulau Nustual, Desa Lematang, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Keputusan tersebut tertuang dalam SK Gubernur Maluku No. 96 Tahun 2020, tanggal 14 Februari 2020. Penetapan ini juga merupakan hasil keputusan bersama Pemprov Maluku, SKK Migas dan Inpex.

Lahan pelabuhan seluas sekitar 27 Ha ini diperuntukkan untuk mendukung pengembangan dan produksi gas bumi, penyediaan sarana dan prasarana termasuk memfasilitasi perpindahan barang dan suku cadang.

Setelah penetapan lokasi, SKK Migas dan Inpex akan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk proses pengadaan tanah yang diperkirakan memakan waktu sekitar delapan bulan.

Lapangan Abadi merupakan lapangan pertama Blok Masela di wilayah Maluku yang dikembangkan oleh Inpex Masela, Ltd.

Inpex saat ini sedang melakukan tender Front End Engeineering Design (FEED) dan membuat pedoman rencana tender EPC (Engineering, Procurement and Construction) yang akan digunakan sebagai parameter Final Investment Decision (FID). Jika berjalan sesuai rencana, konstruksi akan dimulai awal tahun 2023. [AF]