Home Berita Pandemi Corona: 359 WNI ABK “MV Explorer Dream” Tiba Di Tanjung Priok

Pandemi Corona: 359 WNI ABK “MV Explorer Dream” Tiba Di Tanjung Priok

693
0
SHARE

JMOL. Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) dan Gugus Tugas Covid-19 Nasional memfasilitasi pemulangan Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia yang bekerja di Kapal Pesiar asing. Mereka dipulangkan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Hari ini (29/4), sebanyak 359 (tiga ratus lima puluh sembilan) orang ABK kapal MV Dream Explorer diangkut menggunakan sekoci ke Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan. MV Dream Explorer adalah kapal pesiar yang melayani pelayaran dari Shanghai, Sydney dan Auckland. Sebanyak 359 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari 54 orang wanita dan 305 orang laki-laki bekerja sebagai kru di kapal tersebut. Sebelumnya, Ditjen Hubla memfasilitasi kepulangan ABK WNI yang bekerja di MV Artania.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko mengatakan, meskipun kapal MV Dream Explorer tidak memiliki riwayat perjalanan dari wilayah yang terpapar Covid-19, namun seluruh ABK tetap menjalani proses pemeriksaan kesehatan sesuai protokol penanganan Covid-19 dari WHO. Seluruh ABK tersebut dikenakan rapid test dan isolasi selama 14 (empat belas) hari.

Ditjen Hubla menyediakan 18 (delapan belas) unit bus untuk mengangkut para ABK menuju tempat karantina. Seluruh ABK MV Dream Explorer, baik yang hasil rapid testnya positif ataupun negatif, dikarantina di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Setelah MV Artania dan MV Dream Explorer, besok (30/4) Ditjen Hubla dan Gugus Tugas Covid-19 akan memfasilitasi pemulangan sebanyak kurang lebih 374 ABK kapal MV Carnival Splendor.

Memfasilitasi pemulangan WNI yang bekerja sebagai ABK di Kapal Pesiar merupakan tanggung jawab pemerintah kepada para Pekerja Migran Indonesia  (PMI) di tengah merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh dunia. [AF]