Home Berita NYK dan Pertamina Incar Bisnis Transportasi LNG di Indonesia

NYK dan Pertamina Incar Bisnis Transportasi LNG di Indonesia

246
0
SHARE

JMOL. NYK (Nippon Yusen Kabushiki Kaisha dan PT Pertamina International Shipping (PIS), anak perusahaan milik PT Pertamina (Persero) menyetujui nota kesepahaman (MoU) dalam bisnis transportasi energi. Demikian kabar yang diperoleh redaksi dari sumber NYK (25/11). MoU ditandatangani oleh Tafkir Husni, Direktur Utana PIS dan Akira Kono, managing corporate officer and chief executive of NYK Energy Division. Disaksikan Gandhi Sriwidodo, direktur Logistik, Supply Chain and Infrastruktur Pertamina.

Permintaan jasa transportasi energi, terutama gas alam cair (LNG), yang diperkirakan meningkat di Indonesia menjadi alasan keduanya membangun kerjasama.

Pertamina, induk PIS, adalah perusahaan minyak dan gas alam terbesar di Indonesia. Sementara NYK adalah perusahaan pelayaran Jepang yang berpengalaman luas, dengan kepemilikan dan pengelolaan armada kapal yang besar. Keduanya akan menjalin kemitraan yang strategis dalam transportasi energi, mencakup kepemilikan dan manajemen.

NYK dan PIS kini sudah memulai pembicaraan secara terperinci mengenai kolaborasi bisnis tersebut, terutama dalam aspek kepemilikan dan pengelolaan armada LNG carrier.

Saat ini NYK termasuk 10 operator LNG Carrier terbesar di dunia, dengan total armada yang dikelola mencapai 38 LNG Carrier. Sesuai rencana jangka menengahnya yang baru, “Staying Ahead 2022 with Digitalization and Green,” NYK akan mempertahankan posisinya dan ikut berkontribusi pada transportasi energi yang handal dan aman.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2019, PIS juga menandatangani MoU dengan PT Padoma Global Neo Energi (PGNE), yang memperoleh hak mendistribusikan 20 mmscfd LNG hasil produksi kilang Tangguh.

Kerjasama keduanya mencakup penyediaan Kapal LNG yang meliputi study, design dan engineering, pengadaan partner, shipyard maupun ship management dan operasional untuk PGNE dalam proyek penyaluran LNG untuk sektor kelistrikan di wilayah Papua. [AF]