Home Berita Mulai 2040, Sejumlah Shipper Besar Hanya Gunakan Kapal Zero Karbon

Mulai 2040, Sejumlah Shipper Besar Hanya Gunakan Kapal Zero Karbon

407
1
SHARE

JMOL. Operator pelayaran kini nampaknya harus merevisi strategi akuisisi armada nya. Bahkan terhadap kapal berbahan bakar LNG, yang low emisi carbon, namun masih termasuk bahan bakar fosil.

Penyebabnya adalah, menjelang KTT iklim internasional, COP26, di akhir Oktober ini, beberapa shipper besar dunia akan berkumpul untuk menandatangani komitmen bersama menggunakan kapal zero karbon pada tahun 2040.

Dikutip dari Splash247.com, Amazon, pengecer online terbesar di dunia; Ikea, pengecer furnitur terbesar di dunia; Inditex, pengecer pakaian terbesar di dunia, beberapa raksasa consumer goods seperti Unilever, produsen ban Michelin, Tchibo, salah satu rantai ritel terbesar di Jerman, Patagonia, Brooks Running, dan FrogBikes akan menandatangani pernyataan ambisi 2040 yang difasilitasi oleh Pemilik Kargo untuk Kapal Tanpa Emisi (coZEV).

coZEV adalah sebuah platform bersama para pemilik cargo yang bersepakat menggunakan kapal yang berbahan bakar non fosil untuk mendistribusikan barang-barang mereka.

Para cargo owner di segmen petikemas ini kini sudah mulai memberitahu para mitra liner mereka bahwa semua kargo mereka harus dipindahkan ke kapal (container ship) yang tidak menggunakan bahan bakar fosil pada tahun 2040. Dan boleh jadi, segmen petikemas ini akan diikuti oleh segmen lainnya seperti industri otomotif (car carrier) dan pertambangan (dry bulk carrier dan tanker).

Tahun 2040 adalah 19 tahun dari sekarang. Sementara, usia operasional kapal umumnya 25 hingga 30 tahun. Jadi, mulai sekarang para operator pelayaran dan shipowner perlu mempertimbangkan kembali rencana pembelian kapal mereka. Jika tahun ini membeli kapal kontainer berbahan bakar LNG (20 persen Carbon), misalnya, berarti berpotensi akan kehilangan pendapatan minimal selama 6 tahun. [AS]