Home Berita Kemenhub Luncurkan Aplikasi SITOLAUT, Permudah Layanan dan Transparansi Program Tol Laut

Kemenhub Luncurkan Aplikasi SITOLAUT, Permudah Layanan dan Transparansi Program Tol Laut

219
1
SHARE

JMOL. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan aplikasi SITOLAUT (Sistem Informasi Tol Laut) yang untuk semakin memudahkan masyarakat dan stakeholder terkait mengakses layanan tol laut. Peluncuran aplikasi ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (15/12) di Kantor Kemenhub, Jakarta.

“Dengan aplikasi SITOLAUT,  proses bongkar muat barang tol laut kini dapat dilayani secara online. Pemerintah juga berharap semua informasi terkait pelaksanaan program tol laut dapat diakses secara lebih mudah, transparan dan komunikatif kapan saja dan dimana saja” ujar Menhub Budi Karya.

Menhub mengingatkan, tujuan penyelenggaraan program tol laut adalah untuk menjangkau dan mendistribusikan logistik ke daerah 3TP (Terluar, Terdepan,Terpencil dan Perbatasan), menjamin ketersediaan barang dan mengurangi disparitas harga, meningkatkan konektivitas dan pengiriman bahan pokok dan penting (Bapokting).

Dirjen Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo mengatakan, SITOLAUT merupakan aplikasi yang dibangun guna menunjang kegiatan operasional tol laut barang dan ternak. Melalui aplikasi ini, pergerakan barang dari supplier hingga ke reseller dapat terlacak, dapat melihat pergerakan kapal, dan memantau disparitas harga di lapangan.

SITOLAUT adalah pengembangan dari Logistic Communication System (LCS) yang sudah ada di tahun 2019. Seiring penambahan fitur dan pengembangan kemudahan layanan khusus Tol Laut maka saat ini diubah menjadi Sistem Informasi Tol Laut (SITOLAUT). Aplikasi ini dapat diakses melalui web dan melalui Mobile Apps yang didownload melalui Google Apps Store. [AF]