Home Berita Kemenhub Buka Lagi Fasilitas Isolasi Terapung, Kini Di Kota Medan

Kemenhub Buka Lagi Fasilitas Isolasi Terapung, Kini Di Kota Medan

189
0
SHARE

JMOL. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Tohir dan Walikota Medan Bobby Nasution meninjau pelayanan isolasi terpusat (isoter) terapung KM Bukit Raya, di Pelabuhan Belawan Medan, Sabtu (21/8). Penyediaan kapal isoter ini merupakan bentuk dukungan Kemenhub dan Kementerian BUMN bagi penanganan Covid-19 di Indonesia.

Kapal Bukit Raya milik PT. Pelni yang dijadikan tempat isoter di kota Medan, memiliki sekitar 450 tempat tidur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Medan dan sekitarnya, yang terpapar Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.

Menurut Menhub, isoter lebih baik dibanding isolasi mandiri di rumah yang berpotensi menimbulkan kluster keluarga.

“Awalnya isoter hanya ada di darat. Dengan adanya kapal-kapal Pelni yang sementara tidak beroperasi, kami manfaatkan untuk tempat isoter. Di Makassar, pelaksanaan isoter berjalan sukses. Dari 50 orang yang melakukan isoter di kapal, dalam lima hari sudah bisa sembuh. Karena di isoter ada udara laut yang mengandung klorin, yang bisa menstilmulus dan memepercepat kesembuhan,” ujar Menhub.

Sampai saat ini sudah ada 7 (tujuh) pemda yang memanfaatkan 6 kapal isoter ini yaitu : Makassar, Bitung, Minahasa Utara, Sorong, Jayapura, Lampung, dan Medan. Kemenhub sudah menyiapkan 12 kapal lagi dengan prioritas untuk daerah yang memiliki kasus Covid-19 tinggi. [AS]