Home Berita Kapal Pesiar Aqua Blu Kandas di Raja Ampat, Belum Ada Laporan Kerusakan...

Kapal Pesiar Aqua Blu Kandas di Raja Ampat, Belum Ada Laporan Kerusakan Serius

754
0
SHARE

JMOL. Kapal Pesiar MV. Aqua Blu (Flag Panama) kini sudah berada di Pelabuhan Waisai Raja Ampat, setelah kandas selama 7 jam di Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kepulauan Wayag, Distrik Waigeo Barat Papua Barat, tiga hari yang lalu (19/12).

Aqua Blu yang berbobot GT. 1140 berlayar dari pelabuhan Raja Ampat ke Kepulauan Raja Ampat. Aqua Blu, membawa 7 orang wisman (4 WN Inggris dan 3 WN Australia), serta 24 orang Anak Buah Kapal (ABK). Kapal pesiar mewah ini resmi diluncurkan di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 20 November 2019.

Baca: Kapal Pesiar Aqua Blu Diluncurkan, Semarakkan Wisata Bahari Labuan

Kapal awalnya diduga menabrak terumbu karang. Namun tim KKP yang diterjunkan memeriksa lokasi kejadian mengatakan kapal hanya menabrak tumpukan batu. Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raja Ampat, Anggiat P. Marpaung yang memeriksa kapal MV. Aqua Blu menyatakan tidak ada kebocoran dan pencemaran yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut.

Pemeriksaan lanjutan akan dimulai hari ini oleh Marine Inspector dan PPNS UPP Raja Ampat, didampingi petugas dari kantor KSOP Sorong. Menurut Anggiat, keagenan MV Aqua Blu di Indonesia yaitu PT. Project Wallage Indonesia sudah menyatakan akan bertanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan akibat kandasnya kapal tersebut.

Kejadian Aqua Blu di kawasan Raja Ampat mengingatkan pada peristiwa kandasnya MV Caledonian Sky (4200 GT) pada 3 Maret 2017, yang merusak terumbu karang seluas 1600 meter persegi. [AS]