Home Berita Rekomendasi IMO Menghadapi Darurat Global Virus Corona

Rekomendasi IMO Menghadapi Darurat Global Virus Corona

1800
2
SHARE

JMOL. Organisasi Maritim Internasional (IMO) menebitkan sejumlah rekomendasi, menyusul deklarasi “keadaan Darurat Global” dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas berjangkitnya Virus Corona (2019-nCoV).

WHO pada 30 Januari 2020 mendeklarasikan berjangkitnya Virus Corona (2019-nCoV) sebagai situasi darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Situasi Darurat Global yang dimaksud WHO adalah peristiwa luar biasa yang berisiko mengancam kesehatan masyarakat negara lain melalui penularan penyakit lintas batas negara sehingga membutuhkan tanggapan internasional yang terkoordinasi. Namun WHO tidak merekomendasikan pembatasan perjalanan atau perdagangan antar negara, berdasarkan informasi terkini yang tersedia.

IMO kemudian menerbitkan rekomendasi kepada seluruh Negara Anggota IMO, para pelaut, dan perusahaan pelayaran dalam dua surat edaran (cilcular letter). Rekomendasi IMO ini disusun dengan tetap mengacu pada rekomendasi yang dikembangkan oleh  (WHO) dan Divisi Manajemen Kesehatan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (DHMOSH) PBB.

Pertama, Surat Edaran No.4203 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Berisi informasi dan panduan tentang tindakan pencegahan yang harus diambil untuk meminimalkan risiko bagi delegasi yang menghadiri pertemuan di IMO setelah merebaknya virus corona baru-baru ini (2019-nCoV). Dapat diunduh di sini.

Kedua, Surat Edaran No.4204 Novel Coronavirus (2019-nCoV). Berisi informasi dan panduan tentang tindakan pencegahan yang harus diambil untuk meminimalkan risiko terhadap pelaut, penumpang, dan orang lain di kapal. Unduh di sini.

IMO juga merekomendasi untuk mengikuti saran-saran tambahan lainnya, antara lain:

International Maritime Health Association (IMHA) advice for shipping companies on the new type of coronavirus (2019-nCoV).

USCG Novel Coronavirus Precautions

Negara Anggota IMO disarankan untuk mendesak seluruh pemangku kepentingan di negaranya (perusahaan, manajer, agen kru, dll.) untuk terlibat menyebarluaskan edaran IMO di atas.

IMO ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat maritim dunia memperoleh informasi yang akurat dan relevan tentang wabah virus corona dan langkah-langkah untuk mengurangi risiko terpapar virus tersebut, terutama yang berada di kapal-kapal yang berlayar di antara pelabuhan-pelabuhan di negara-negara yang terkena virus corona. [AS]

2 COMMENTS

Comments are closed.