Home Berita Indonesia Kembali Calonkan Diri Menjadi Anggota Dewan IMO

Indonesia Kembali Calonkan Diri Menjadi Anggota Dewan IMO

196
0
SHARE

JMOL. Sidang Majelis International Maritime Organization (IMO) atau Organisasi Maritim Internasional yang ke-31 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal IMO, Kitack Lim di Markas Besar IMO London Inggris pada hari ini (25/11).

Seperti di sidang majelis dua tahun sebelumnya, Indonesia kembali mencalonkan diri menjadi anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2020-2021. Tersedia 20 kursi yang akan diperebutkan oleh 25 negara anggota IMO yang sudah tercatat menyatakan minatnya. Ketua Delegasi Indonesia (Delri) pada di sidang kali ini adalah Mulawarman Tugio, Wakil Duta Besar Indonesia di London, didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Sugihardjo.

Baca: RI Dorong Reformasi Dewan IMO

Sebelum pembukaan sidang, digelar HoD + 1 meeting (semacam rapat pendahuluan) yang dihadiri oleh seluruh Ketua Delegasi negara anggota IMO. HoD+1 meeting telah memutuskan untuk mengadopsi agenda Sidang Majelis IMO ke-31, dan menetapkan Miss Nouma Tambo (Afrika Selatan) sebagai Presiden dari Sidang Majelis IMO ke-31.

Setelah HoD +1 meeting, Sidang akan dilanjutkan dengan sesi plenary, di mana perwakilan dari semua negara Anggota IMO menyampaikan general statements mereka yang berisi pencapaian atau kontribusi tiap-tiap negara anggota selama dua tahun terakhir keanggotaan mereka di IMO.

Baca: RI Persiapkan Diri Hadiri Sidang Majelis IMO 2019, Ajukan BPK menjadi External Auditor IMO

IMO Award

Seperti sebelumnya, di sela-sela sidang Majelis IMO ke-31 kali ini juga digelar acara IMO Awards Ceremony, yakni International Maritime Prize 2018 dan IMO Award for Exceptional Bravery at Sea 2019.

International Maritime Prize 2018 dianugerahkan kepada Mr. Joseph J. Angelo, mantan anggota US Coast Guard yang kini menjadi senior eksekutif dari International Association of Independent Tanker Owner (INTERTANKO) atas partisipasinya selama bertahun-tahun dalam pertemuan IMO dan menunjukkan kepempimpinan dalam mengembangkan peraturan-peraturan IMO.

Baca: Mantan Coast Guard AS Menangkan “International Maritime Prize 2018”

IMO Award for Exceptional Bravery at Sea 2019 dianugerahkan kepada Michael Kelly, seorang penyelam penyelamat dari US Coast Guard atas keberanian, ketekunan, dan keterampilannya dalam menyelamatkan empat orang dari sebuah sekoci penyelamat di tengah keadaan angin kencang dan gelombang tinggi, pada musibah tenggelamnya Kapal Aaron dan Melissa II, 70 mil dari perairan Portland pada 14 November 2018. [JB]