Home Berita IMO Siapkan Regulasi bagi Kapal Fuel Cells

IMO Siapkan Regulasi bagi Kapal Fuel Cells

379
1
SHARE

JMOL. Sub-Committee on Carriage of Cargoes and Containers (CCC), sebuah sub-Komite IMO untuk Pengangkutan Kargo dan Peti Kemas pada 10 September kemarin menyepakati rancangan pedoman untuk kapal berbahan bakar Hidrogen melalui Fuel Cells.

Draft pedoman fuel cells ini adalah standar internasional bagi kapal yang menggunakan fuel cells atau sel bahan bakar. Isinya mencakup antara lain fire system dan deteksi gas/uap. Secara teknis, pedoman ini memastikan penanganan gas hidrogen dan perpindahan energi listrik berlangsung secara aman.

Sel bahan bakar adalah alat yang menghasilkan energi listrik secara elektrokimia. Pada sel bahan bakar, terdapat anoda dan katoda. Gas hidrogen dialirkan ke Anoda, sedangkan oksiden di katoda berperan sebagai oksidator. Pada Anoda, gas hidroge diubah menjadi ion hidrogen dan elektron. Pada katoda, oksigen direduksi dengan adanya elektron. Perbedaan potensial yang terjadi pada anoda dan katoda inilah yang  menghasilkan arus listrik. Reaksi hidrogen dan Oksigen menghasilkan air (H20).

Karena menggunakan Hidrogen yang mudah meledak, aplikasi Fuel Cell di kapal memerlukan standar instalasi yang aman. Draf Fuel Cell Ship yang dikembangkan sub komite CCC ini masih diteruskan ke Komite Keselamatan Maritim (MSC) untuk disetujui pada sesi ke-105, yang dijadwalkan pada April 2022.

Sebelumnya, sub komite CCC 7 sudah membuat IGF Code untuk kapal berbahan bakar LNG. IGF Code sudah diberlakukan sejak tahun 2017. Sub komite yang sama juga sudah mengembangkan pedoman untuk kapal berbahan bakar methanol, yang sudah disetujui di tahun 2020. Pengembangan standar keselamatan terkait penggunaan bahan bakar baru merupakan langkah penting IMO dalam mensukseskan program Decarbonisasi di pelayaran global. [AS]

1 COMMENT

Comments are closed.