Home Berita IMO Sebut Gelombang “Ship’s Crew Changes” Libatkan Ratusan Ribu Pelaut Mulai Juni...

IMO Sebut Gelombang “Ship’s Crew Changes” Libatkan Ratusan Ribu Pelaut Mulai Juni 2020

402
2
SHARE

JMOL. IMO (The International Maritime Organization) dan UNCTAD (the United Nations Conference on Trade and Development), pada 9 Juni 2020, kembali menyerukan negara-negara anggota untuk mendukung proses ship’s crew changes di pelayaran, dengan memfasilitasi pelaut dan personil maritim lainnya untuk melakukan perjalanan lintas negara.

“Ship’s rew change” atau “ship’s crew changeover” adalah peristiwa pergantian crew kapal yang rutin di dunia pelayaran. Demi perlindungan pekerja dan alasan keselamatan pelayaran, pekerja diwajibkan kembali ke darat setelah bertugas di atas kapal dalam waktu tertentu. Mereka diganti oleh awak lainnya.

Menurut IMO, setiap bulannya ada ratusan ribu orang pelaut yang harus mendarat, dan digantikan oleh pelaut lainnya. Mereka yang harus turun dari kapal dan kembali ke rumah (repratiasi) memerlukan penerbangan internasional. Demikian juga pelaut yang menggantikannya.

Di masa pandemik COVID-19 ini, IMO bersama stakeholder industri pelayaran sudah menerbitkan protokol crew changes, meliputi protokol di lokasi yang dilewati pelaut saat proses repratiasi, seperti: Pelabuhan, Hotel, Bandara embarkasi, bandara debarkasi, selama di pesawat, termasuk protokol isolasi mandiri. Periksa Protokol Ship’s Crew Changes di sini.

Baca: IMO Rilis Pedoman APD dan Interaksi Personil Pelayaran

Seruan ulang IMO dan UNCTAD ini berdasarkan kondisi bahwa mulai medio bulan Juni 2020, akan ada gelombang Crew Changes yang melibatkan 300 ribu orang pelaut. Sekitar separuhnya, yang akan pulang ke negara masing-masing, akan melalui penerbangan internasional. Separuh lainnya akan melewati jalur laut, termasuk sekitar 70 ribu pekerja di kapal pesiar.

Dari ratusan ribu pelaut yang terlibat dalam crew change di seluruh dunia di atas, ada berapa pelaut pekerja migran WNI yang akan memerlukan perjalanan ke dan dari Indonesia? [AF]

2 COMMENTS

Comments are closed.