Home Berita Ditemukan Barang dan Serpihan, TNI Tetapkan KRI NANGGALA 402 berstatus “SUBSUNK”

Ditemukan Barang dan Serpihan, TNI Tetapkan KRI NANGGALA 402 berstatus “SUBSUNK”

1427
2
SHARE

JMOL. TNI memutuskan untuk menaikkan status KRI Nanggala-402 dari “submiss” menjadi “subsunk”. Peningkatan status menjadi subsunk dilakukan setelah ditemukannya beberapa bukti otentik berupa barang-barang dan serpihan atau bagian dari KRI Nanggala.

Barang-barang yang ditemukan antara lain pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin bertulisan Korea, pelumas (grease) periskop, dan alas berupa sajadah yang biasanya dipakai ABK KRI Nanggala untuk shalat. Kemudian, serpihan sponse yang digunakan untuk penahan panas pada press room. Yang terakhir adalah minyak solar, yang sebelumnya sudah terlihat oleh patroli udara pada radius 10 mil tersebut.

Para saksi ahli, dalam hal ini adalah mantan-mantan ABK KRI Nanggala dan komunitas kapal selam meyakini bahwa barang-barang tersebut di atas adalah milik KRI Nanggala 402.

“Dengan ditemukannya bukti otentik diyakini milik Nanggala itu, kami isyaratkan untuk menaikkan status dari submiss menuju subsunk,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers, Sabtu (24/4) sore.

Baca: Posisi KRI NANGGALA-402 Belum Bisa Dipastikan

“Pada fase Subsunk ini, nanti akan kita siapkan evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan masih ada dan selamat, lalu kita evakuasi ke Surabaya atau Banyuwangi”, lanjut Kasal.

Kasal Yudo juga menyebutkan kapal dideteksi berada di kedalaman 850 meter, yang sangat riskan dan memiliki kesulitan yang tinggi, baik untuk pengoperasian ROV maupun tindakan pengangkatan.

Mengutip NATO Standard ATP/MTP-57: The Submarine Search And Rescue Manual, Edition C Version 2, “SUBMISS” adalah kata sandi (codeword) yang digunakan memulai operasi yang terkoordinasi penuh untuk pencarian kapal selam yang diyakini hilang namun belum tenggelam.

Adapun “SUBSUNK” digunakan untuk memulai operasi yang terkoordinasi penuh untuk pencarian kapal selam yang diketahui telah tenggelam. SUBSUNK digunakan oleh otoritas atau unit mana pun untuk memberi sinyal ketika memiliki informasi positif bahwa kapal selam telah tenggelam. [AS]

2 COMMENTS

Comments are closed.