Home Berita Day of the Seafarer 25 Juni. IMO: Pelaut adalah Pekerja Kunci Hadapi...

Day of the Seafarer 25 Juni. IMO: Pelaut adalah Pekerja Kunci Hadapi Pandemi COVID-19

276
0
SHARE

JMOL. Di Hari Pelaut Dunia (Day Of the Seafarer) 25 Juni pada tahun 2020 ini, di saat pandemi COVID-19 belum berakhir, IMO kembali menyerukan kepada seluruh negara untuk secara resmi memosisikan pelaut sebagai pekerja kunci. Pemberian status ‘key worker’ tersebut bermaksud agar seluruh negara memberikan dukungan dan perlindungan yang layak kepada pelaut, terutama memfasilitasi mobilitas para pelaut agar “crew changes” dapat berlangsung lancar.

Baca: IMO Sebut Gelombang “Ship’s Crew Changes” Libatkan Ratusan Ribu Pelaut Mulai Juni 2020

Masa pandemi COVID-19 membuat para pelaut bekerja dengan tambahan resiko terpapar virus Corona. Mereka bekerja lebih keras dan lebih hati-hati. Menerapkan tambahan protokol kesehatan dan pencegahan penularan virus Corona. Pembatasan perjalanan di banyak negara, termasuk terhadap pelabuhan dan bandara, telah menyebabkan ratusan ribu pelaut tidak dapat turun meninggalkan kapal untuk berganti tugas, dan terpaksa memperpanjang masa tugasnya.

Sekjen IMO Lim Kitack, mengatakan para pelaut telah memperlihatkan dedikasi, profesionalisme, dan ketangguhannya. Di masa Pandemi COVID-19, mereka bekerja 24/7 demi memastikan kapal berlayar secara aman dan distribusi barang tetap berlangsung. Mereka, para pelaut, layak diposisikan seperti halnya dokter, perawat, dan profesi lainnya, sebagai ‘key worker’ dalam menghadapi pandemi COVID-19. Terima Kasih Pelaut!. [AS]