Home Perikanan Dampak Corona: Pendapatan Nelayan Belawan Anjlok

Dampak Corona: Pendapatan Nelayan Belawan Anjlok

237
0
SHARE

JMOL. Pandemi Virus Corona ikut memukul nelayan. Permintaan ikan menurun drastis telah menyebabkan harga jual anjlok. Dengan biaya melaut yang tetap, pendapatan bersih nelayan menjadi menipis bahkan merugi.

Kondisi inilah yang mendorong Polres Pelabuhan Belawan ikut turun membantu nelayan dan warga penghuni rumah panggung di sekitar Pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara.

“Sesuai arahan Kapolda dan Kapolri, penyaluran bansos menjadi bagian dari upaya mengatasi kerawanan sosial,” demikian AKP Waskita Sheena Sari, Kabag Sumda Polres Belawan.

Nelayan Belawan umumnya menggunakan perahu ukuran kecil dengan cara melaut yang tradisional. Sebelum pandemi Corona, sebagian mereka termasuk dalam kelompok miskin dan rentan miskin. Dalam bulan April ini, Polres Pelabuhan Belawan sudah dua kali turun melaut menyalurkan bansos berupa bahan pokok seperti beras, minyak makan, gula, telur, dan lainnya. AKP Sheena memimpin belasan personil menyambangi nelayan di tengah laut, atau menghampiri rumah panggungnya. [AYU]