Home Berita Angkutan Nataru. Dirjen Hubla Pimpin Uji Petik di Muara Angke

Angkutan Nataru. Dirjen Hubla Pimpin Uji Petik di Muara Angke

208
1
SHARE

JMOL. Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Hubla), R. Agus H. Purnomo memimpin langsung Uji Petik kelaiklautan kapal penumpang tradisional KM. Milles II, KM Jelajah, KM Satria Exspress, dan HSC Express Bahari 3B di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, hari ini 14 Desember 2020.

Agus H. Purnomo didampingi oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu serta tim pemeriksa kelaiklautan kapal. Pemeriksaan kali ini difokuskan pada alat-alat keselamatan kapal, dokumen kapal serta pemenuhan persyaratan administrasi dan teknis.

“Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, keselamatan dan keamanan serta kenyamanan para penumpang tetap merupakan prioritas utama dalam pelaksanaan angkutan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, kali ini dengan wajib menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak,” kata Dirjen Agus.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Hermanta mengatakan bahwa perawatan dan pemeliharaan kapal harus menjadi prioritas dalam operasional kapal, karena dengan perawatan dan pemeliharaan yang terjadwal dengan baik dapat meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan kapal.

“Inpeksi kelaiklautan kapal ini untuk memastikan kapal penumpang dalam kondisi benar-benar siap digunakan untuk melayani penumpang pada saat libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam beberapa hari kedepan.” ungkap Capt. Hermanta.

Ia mengatakan pemeriksaan kali ini difokuskan pada alat-alat keselamatan kapal, dokumen kapal serta pemenuhan persyaratan administrasi dan teknis.

Untuk diketahui, menjelang penyelenggaraan angkutan laut natal tahun 2020 dan tahun baru 2021, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menggelar uji petik kelaiklautan kapal di sejumlah pelabuhan di tanah air.

Pelaksanaan uji petik berdasarkan Instruksi Dirjen nomor HK. 211/5/16/DJPL/2020 tentang Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal Penumpang Dalam Rangka Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 serta Surat Keputusan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Nomor. KP.92/PK/DK/2020 tentang Pembentukan Tim Pelaksana kegiatan Pemeriksaan Kelaiklautan Kapal. [AF]