Home Berita Gandeng sesama BUMN, Pelindo III Kembangkan Digital Port

Gandeng sesama BUMN, Pelindo III Kembangkan Digital Port

818
0
SHARE

JMOL. Pelindo III bekerjasama dengan sejumlah BUMN untuk mengembangkan “digital Port”. Kerjasama itu tertuang dalam Memorandum of Collaboration yang ditandatangani Pelindo III bersama 9 BUMN di Parama Tamansari Office Tower Jakarta, Selasa (19/12).

“Manajemen (Pelindo III) melihat adanya urgensi kerjasama ini”, ujar Direktur Utama Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Menurutnya, salah satu urgensi tersebut adalah pada operasi bongkar muat, yang membutuhkan teknologi informasi dan komunikasi demi meningkatkan layanan pelabuhan yang dikelola perusahaan. Pengembangan ‘Digital Port’ ini akan dikerjasamakan dengan PT LEN dan PT INTI.

“Dalam berbagai kesempatan Presiden Joko Widodo juga menekankan agar semua pihak termasuk operator pelabuhan dapat meningkatkan performa logistik di Indonesia, agar lebih efisien dan murah harganya” ujarnya.

“Selama ini, teknologi untuk menunjang bongkar muat masih didatangkan dari luar negeri. Padahal, potensi BUMN sudah berkembang pesat dan mampu memenuhi kebutuhan tersebut”, ujarnya.

Pada sisi infrastuktur teknologi informasi, Pelindo III akan menggandeng  PT Garuda Indonesia untuk membangun Enterprise Service Bus (middleware) yang berguna bagi pertukaran data aplikasi antar perusahaan. Sedangkan untuk membangun dan meningkatkan pusat pemulihan bencana (Dissaster Recovery Center) di Data Center Cabang Semarang, Pelindo III akan menggandeng PT Telkom.

“Di era perubahan ini, Pelindo III secara konsisten mengimplementasikan Artificial Intelligence (AI) & Internet of Things (IoT) guna percepatan dan efisiensi proses bisnis”, pungkasnya. [AR]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here