Home Berita Menko Maritim Lepas Sail Sabang 2017, Menjadi Misi Terakhir KRI Dewaruci

Menko Maritim Lepas Sail Sabang 2017, Menjadi Misi Terakhir KRI Dewaruci

361
1
SHARE

JMOL.  Menteri Koordinator Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan hari ini melepas peserta Sail Sabang 2017 di dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, (20/11/2017).  Pelayaran menuju  Sabang, propinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini terbilang istimewa karena menjadi pelayaran terakhir bagi KRI Dewaruci, setelah kapal latih layar milik TNI AL ini berdinas selama 64 tahun. Tugas KRI Dewaruci selanjutnya akan dilanjutkan KRI Bima Suci.

Dalam sambutannya, Menko Luhut menyampaikan bahwa pemerintah terus memperkenalkan keindahan dan kekayaan maritim Indonesia di mata dunia. Salah satunya adalah dengan menggelar Sail Indonesia secara rutin setiap tahun. Selain itu, series sail diharapkan menjadi trigger percepatan pembangunan di kawasan penyelenggara, baik infrastruktur maupun ekonomi, serta mewujudkan pembangunan dari pinggiran

Sail Sabang 2017 yang akan berlangsung 28 November – 5 Desember 2017 merupakan Sail Indonesia yang ke-9, sejak pertama kali Sail Bunaken Manado digelar pada tahun 2009. Setelahnya digelar Sail Banda pada tahun 2010, Sail Wakatobi Belitung tahun 2011, Sail Morotai tahun 2012, Sail Komodo tahun 2013, Sail Raja Ampat tahun 2014, Sail Teluk Tomini tahun 2015,  dan Sail Selat Karimata tahun 2016.

Potensi ekonomi maritim Indonesia mencapai 1,33 triliun US Dolar per tahun. Keindahan alam khas tropis, kekayaan budaya, dan beragamnya aset bahari merupakan modal pariwisata maritim. Saat ini sektor pariwisata memberi kontribusi penghasil devisa terbesar kedua setelah Minyak Sawit, dan diperkirakan akan menjadi penghasil devisa terbesar pada tahun 2019.

Dalam pelayaran terakhirnya kali ini, KRI Dewaruci membawa 68 pelajar SLTA berprestasi dari 34 provinsi yang disaring melalui program Ekspedisi Nusantara Jaya yang dikoordinasikan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman. Sail Sabang 2017 kali ini juga diikuti KRI Bima Suci. Kapal layar tiang tinggi ini baru saja menyelesaikan pelayaran perdananya dari Spanyol sejak September bulan lalu.

Selain itu, ikut serta sebanyak 700 peserta pelayaran Nusantara yang ada dibawah koordinasi TNI AL dan program bela negara yang dikoordinir Kementerian Pertahanan. Mereka berlayar menuju ke Sabang dengan menggunakan KRI Banda Aceh.

Turut hadir dalam pelepasan Sail Sabang 2017 hari ini yaitu Panglima TNI, Kapolri,  Kepala Staf TNI AL, Kepala Staf AU, Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Walikota Sabang, beberapa pejabat eselon satu. [TS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here